Spam button

Spam terus bermigrasi ke media-media berbasis web baru seperti blog, forum hingga jejaring sosial.

Definisi Spam

Spam button

Apa itu “spam”? Spam adalah aktivitas blasting message atau penyebaran pesan dalam bentuk apapun (berarti bukan hanya promosi dagang) tanpa dikehendaki penerima pesan.  Beberapa contohnya:

SMS, yang ini banyak contohnya mulai dari ajakan berdagang, sampai yang minta isiin pulsa. Padahal tak dikenal lho siapa pengirimnya plus ngak diminta juga.

eMail, yang ini termasuk lawas meskipun tidak selawas SMS. Contohnya eMail yang berisi menang Lottery, sampai promosi barang. yang perlu kamu perhatikan adalah eMail spamming disini adalah email yang dikiriim tanpa melalui proses permisi atau biasa dikenal dengan double optin confirmation.

Ketakutan Masih Jadi Andalan

Upgrade program mailer atau serangan terhadap situs jejaring sosial belum lama ini membuktikan bahwa pembuat malware terus menggoda atau menakut-nakuti pengguna dengan trik-trik barunya. Memanfaatkan berbagai isu yang sedang menjadi trending topik adalah senjata andalan bot. Ya sekarang banyak sekali yang muncul dalam bentuk e-mail yang e-mail tersebut memiliki link ke halaman web palsu identik dikenal dengan sebutan phising. Nah, agar terhindar dari godaan spam yang terkutuk :D ..

Mari kita bahas beberapa tips menghindari spam.

Tips Terhindar dari Spam

  1. Pertimbangkan untuk berhenti berlangganan dari banyak milis jika Anda tidak ingin menerhma pesan lagi.
  2. Selektiflah ketika mendaftarkan alamat e-mail Anda di berbagai website.
  3. Hindari menampilkan alamat e-mail Anda di internet. Pertimbangkan untuk menggunakan alamat khusus ketika mendaftarkan diri di milis tertentu.
  4. Menggunakan petunjuk yang disediakan oleh administrator.
  5. Hapus semua spam yang masuk ke inbox kamu.
  6. Hindari meng-klik link yang mencurigakan di dalam e-mail, karena bisa akan menghubungkan Anda ke situs palsu. Baiknya ketik alamat situs langsung pada browser daripada mempercayai link dalam pesan.
  7. Pastikan sistim operasi yang Anda pakai selalu up to date dengan update terbaru, dan gunakan paket software keamanan yang terpercaya.
  8. Pertimbangkan solusi antispam yang memiliki reputasi baik untuk menangani penyarinan e-mail Anda.

Haram Bagi Pengguna Internet

1. Membuka lampiran dari e-mail yang tidak dikenal.
2. Membalas spam. Biasanya alamat e-mailnya dipalsukan, dan membalas e-mail spam hanya akan menghasilkan spam-spam lainnya.
3. Mengisi formulir pribadi dalam pesan yang meminta informasi pribadi atau kata sandi, misalnya form undian di toko buku atau sebagainya.
4. Membeli produk dari pesan spam.
5. Membuka pesan spam, bahaya karena spam ini mempunyai kemampuan Call to action yang sungguh luar biasa. Bahaya kalau Anda nantinya tergoda.

Masa Depan Spam

Aspek ekonomi dibelakang spam mengisyaratkan bahwa di tahun berikutnya akan menjadi tahun yang aktif bagi spammer. Distribusi e-mail spam akan terus berlanjut sepanjang saluran distribusi tetap relatif murah, botnet terus aktif, serta spammer mengembangkan cara-cara baru yang inofatif untuk berupaya membypass penyarin antispam.

DjPutri
DjPutri
Creative with a heart of code. Currently obsessed with responsive web design and does full stack development with a specialization in front-end.