Ingin Menikmati Keindahan Malam? Ini 5 Tempat Wisata Malam di Pontianak yang Paling Asyik
November 30, 2017
dotonbori food
Dotonbori Food, Jantungnya Makanan Halal Di Osaka
December 16, 2017

Panduan Praktis! Mengurus Syarat Visa Jepang 4 Hari Beres

 

Jepang merupakan destinasi wisata yang sedang happening. Sehingga mengunjungi negara ini menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Negara yang dikenal sebagai negara sakura ini bukan hanya memiliki destinasi wisata alam, tetapi juga terdapat wisata budaya yang tidak boleh Kamu lewatkan jika mengunjungi negara berteknologi maju ini. Untuk mengunjungi negara ini, Kamu perlu mengurus syarat visa Jepang terlebih dahulu.

Namun terkadang ada saja masalah yang membuat visa sulit keluar. Seperti misalnya jika nama yang tertera di KTP dan passport berbeda, maka Kamu harus menggunakan surat dari pengadilan. Sebab kantor kedutaan Jepang tidak bisa menerima surat keterangan RT bahwa ada kesalahan pada penulisan nama, meskipun itu hanya nama penambahan nama keluarga atau marga.

Selain paspor dengan nama yang harus sama persis dengan KTP, untuk mengurus visa jepang juga berkas-berkas data harus lengkap. Kamu wajib membawa fotokopi ktp, formulir permohonan visa, fotokopi kartu mahasiswa atau surat keterangan belajar apabila status Kamu masih pelajar, pas foto ukuran 4.5×4.5 terbaru, bukti pemesanan tiket, jadwal perjalanan, serta fotokopi dokumen lain seperti kartu keluarga, akta kelahiran, dan lain-lain.

Update Syarat Membuat Visa Jepang

Untuk kamu yang berencana wisata halal ke Jepang dalam waktu dekat, selain harus mempersiapkan tiket pesawat dan hotel, satu hal lagi yang jangan sampai dilupakan adalah mengurus visa jepang. Saat ini ada kebijakan bebas visa ke Jepang bagi WNI namun hanya bagi pemegang paspor elektronik. Namun ada update mengenai cara membuat visa Jepang terbaru yang harus kamu tahu!

Berdasarkan press release terbaru dari Kedutaan Besar Jepang, proses pengajuan visa melalui kedutaan akan berakhir pada 14 September 2017, pukul 12:00 dan mulai 15 September 2018. Setelah periode tersebut Kedubes Jepang di Jakarta tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor, visa diplomatik serta visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru yakni ePaspor, penerbitan visa yang berkaitan untuk masalah darurat kemanusiaan.

Mengurus syarat visa ke jepang

Mengurus visa ke jepang hanya bisa di Mall Lotte shopping Avenue – Japan Visa Application Centre (JVAC)

Semua pengurusan visa akan dilakukan di Japan Visa Application Centre (JVAC) di Lotte Shopping Avenue. Untuk kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kini mengurus visa Jepang hanya bisa diakukan di Japan Visa Application Centre (JVAC) yang teretak di Mal Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Lokasi JVAC ini berada di sebelah bioskop XXI di JVAC.

Fasilitas yang ada di JAVC

  • Bantuan pengisian formulir aplikasi
  • Photo booth
  • Layanan fotokopi
  • Layanan informasi status visa lewat sms (berbayar)
  • Layanan pembayaran visa menggunakan kartu kredit (dikenakan charge)

Karena kebanyakan traveler dari Indonesia pergi ke Jepang dengan visa kunjungan sementara untuk berlibur, maka visa yang akan dipakai adalah jenis “Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri”.

Persyaratan Visa Jepang

  1. Paspor yang masih aktif atau masih berlaku, sebaiknya masih berlaku lebih dari 6 Bulan.
  2. Formulir permohonan visa yang dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan editing, jelas dan tidak buram).
  3. Foto kopi KTP (atau Surat Keterangan Domisili) ataupun Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar.
  4. Bukti pemesanan atau booking tiket pesawat (dokumen ini harus dapat membuktikan tanggal masuk – keluar Jepang).
  5. Jadwal Itinerary / Perjalanan, buat yang garis besarnya saja seperti mau ke kota apa saja, beserta tanggal detailnya. (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  6. Fotokopi dokumen penting yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dll. (Ini akan diperlukan bila pemohon visa jepang lebih dari satu)
  7. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    • Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya. Dalam hal ini bisa berupa fotokopi bukti keuangan seperti rekening Koran atau buku tabungan. Minimal 3 bulan terakhir.
    • Bila penanggung jawab biaya perjalanan ke Jepang bukan pemohon. Misalnya penanggung jawab biaya adalah ayah atau ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya perjalanan). Mengenai berapa jumlah rekening yang harus ada di tabungan normalnya adalah IDR 1.000.000 per/hari kalikan masa tinggal di Jepang.

Syarat visa jepang minimal tabungan

Syarat visa Jepang yang lain adalah mengenai saldo minimal tabungan Kamu. Iya, agar bisa mendapatkan visa Jepang, Kamu harus memiliki tabungan dengan saldo paling rendah Rp. 30.000.000. Syarat visa Jepang minimal tabungan itu harus Kamu lampirkan dengan membuat rekening koran yang dicetak menggunakan kertas A4.

Masa berlaku visa jepang untuk wisata biasanya disesuaikan dengan masa berlaku paspor habis, sedangkan masa berkunjung ke Jepang hanya 15 hari dengan masa aktif paspor minimal habis 6 bulan setelah selesai melakukan perjalanan ke jepang. Kamu harus perpanjang paspor jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan setelah selesai berkunjung.

Perbandingan pengajuan Visa Jepang:

Note:

  • Sejak 15 September 2017, pengajuan Visa Kunjungan Jepang di Jakarta baik Single maupun Multiple tidak bisa lagi langsung ke Kedubes Jepang, melainkan melalui JVAC (Japan Visa Application Center) di Lotte Shopping Avenue. Selain itu, biayanya juga ditambah dengan biaya administrasi Rp 150,000 baik untuk Single atau Multiple Visa.
  • Visa Waiver tetap bisa diajukan langsung di Kedubes Jepang dengan lokasi di Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta Pusat (dekat Plaza Indonesia) dan biayanya gratis. Tetapi kalau kamu mau mengajukan di JVAC juga bisa dengan biaya Rp 115,000.
  • Pengajuan Visa Jepang berdasarkan alamat KTP, jadi kalau kamu tinggal di Jawa Tengah ya pengajuan ke Jakarta, dsb. Keterangan lengkap bisa cek di http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html.

Mengurus visa jepang lewat travel agent

Memang sebegitu ribetnya mengurus syarat visa Jepang jika Kamu ingin berlibur ke negeri sakura tersebut. Akan tetapi ada solusi yang sangat praktis untuk bisa dengan mudah traveling ke Jepang. Kamu bisa menggunakan agen jasa travel yang biasanya telah di tunjuk dari kantor kedutaan yang nantinya akan membantu mengurus segala keperluan yang menjadi syarat visa jepang hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Sementara bagi kamu yang ingin liburan ke Jepang yang bebas stres dan nyaman, opsi pergi liburan ke Jepang dengan paket tur bisa jadi pilihan yang pas. Kamu tak perlu repot memikirkan visa ke jepang karena akan dibantu urus oleh pihak agent (dengan biaya tambahan), tak perlu pusing mau nginap dimana atau bingung mau kemana saja karena sudah ada itinerary yang jelas dari pihak agen.

Di Simplyecho-Satutours sudah tersedia lho paket tur ke Jepang yang bisa dipilih sesuai budget dan keinginan!


Jadi, Tunggu Apa Lagi?


 


Kapan terakhir kali Anda berlibur dengan pengalaman yang berbeda? Cara termudah dan murah menikmati negeri sakura, Mau? Apakah Anda siap merasakan serunya tour ke jepang!? Tour musim panas, musim gugur, musim semi hingga musim dingin. Kini semua bisa, jadi tunggu apalagi?

Yuk Ke Jepang Sekarang Juga


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *