bisnis plan rencana usaha

Kecuali, kamu ingin melaksanakan pitching idea ke beberapa calon investor. kamu perlu membuat gambaran rencana yang sederhana, tidak perlu yang resmi juga. Rencana usaha memiliki inti pikiran sebagai ide-ide atau hal-hal yang bisa menjadi guidanceatau pedoman saat penjual menjalankan tokonya atau bisnisnya. Untuk menentukan jalan seperti apa yang tepat, seorang penjual tentu perlu memahami terlebih dahulu bisnis apa yang sedang ia tekuni.

Berikut beberapa tips sederhana membuat rencana usaha sebuah toko online ataupun situs jual beli online:

Pertama, ia wajib memikirkan tujuan besar dari bisnis yang ia jalankan (visi). Apakah profit oriented, atau sosial. Dari sana, ia bisa mendefinisikan prioritas-prioritas utama yang harus dilakukan dalam waktu dekat untuk membuka toko online berdasarkan visi yang sudah dibuat di awal.

Kedua, Jangan menulis anggaran berdasarkan asumsi. Nekat boleh asal tau apa aja rintangannya. Calon penjual sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu seperti apa kondisi ‘medan perang’ yang sesungguhnya.

Ketiga, Mendefinisikan karakteristik dan kebutuhan pembeli di rencana usaha sebaiknya jangan sebatas asumsi di otak saja, Anda bukan steve jobs. Analisa calon pembeli, taro deh kamu ingin memiliki usaha travelling lalu ingin memberangkatkan 250 prang ke pulau tidung maka perlu, mengajak seseorang yang dianggap mewakili karakteristik target audience mengobrol dan menggali insight dari mereka. Apa yang bisa kamu harapkan dan cocok untuk diajak ke wisata pulau tidung tadi.

Keempat, Jangan menutup mata pada kompetitor. Calon penjual sebaiknya bisa mendefinisikan siapa kompetitor terdekatnya dan bagaimana cara mereka mengelola bisnis yang serupa. Dari kompetitor, penjual bisa saja mengamati-meniru-memodifikasi bahkan kalau bisa mencuri ide mereka.

Semua rencana usaha akan berguna ketika calon penjual bertekad untuk memulai bisnisnya. Jadi, setelah menuangkan pikiran untuk rencana usaha, segera terapkan di kehidupan nyata.

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online. Diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis pribadi, beberapa export komoditas dan menghandle beberapa brand untuk optimasi media online. Tuk yang ingin menghubungi bisa kontak langsung via email. Arham @ Simplyecho .net atau whatsapp: 0818698484