jual beli

Hampir mustahil membuka bisnis jenis apapun tanpa modal. Namun, bukan berarti modal yang besar harus selalu dibutuhkan saat hendak berbisnis. Dalam bisnis Jual Beli online, modal yang kecil pun dapat dijadikan fondasi awal membangun sebuah usaha pribadi berbasis internet. Asalkan dapat mengoptimalkan peluang yang ada, bukannya tidak mungkin Anda meraih kesuksesan dengan modal awal yang minim.

Seperti ditulis Matt Winn dalam situs Volusion, ada 4 strategi menjalankan bisnis online dengan budget rendahz:

Maksimalkan fungsi toko online.

Toko online adalah aset yang paling berharga bagi bisnis online Anda. Maka dari itu, Anda perlu mengelola toko online sebaik-baiknya. Buatlah toko online semenarik mungkin sehingga memicu buyer untuk melakukan pembelian. Memaksimalkan fungsi toko online misalnya dengan menyajikan desain atau tampilan website yang menarik, informasi produk yang lengkap, foto atau video produk yang berkualitas baik, hingga menyediakan sarana customer service di toko online.

Kelola media sosial secara berkala.

Kepemilikan akun media sosial yang gratis adalah salah satu keuntungan berbisnis online. Anda bisa mempromosikan produk atau merek bisnis Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, yaitu dengan melakukan pemasaran di media sosial seperti Facebook atau Twitter. Gunakanlah media sosial sebagai sarana menyebarluaskan merek produk Anda kepada orang banyak. Selain itu, Anda perlu meng-update konten media sosial secara berkala agar buyer selalu mendapatkan up-date tentang produk Anda.

Jaga hubungan baik dengan buyer

Hubungan Jual Beli  dengan buyer tidak berakhir ketika transaksi selesai. Yang lebih penting adalah bagaimana Anda menjalin silaturahmi kepada buyer yang pernah membeli produk Anda. Anda perlu menjaga hubungan baik dengan buyer agar ia melakukan repeat order di kemudian hari. Lebih mudah menjaga relasi dengan buyer lama, daripada mencari buyer baru agar membeli produk Anda.

Lakukan analisis secara berkala.

Taro deh kamu men jual kamera maka penting untuk selalu update perkembagannya, mulai dari trend jenis kamera hingga model lensa. Hindari menjalankan bisnis dengan sistem go-with-the-flow. Berbisnis bukanlah sesuatu yang bisa dijalankan ala kadarnya. Anda perlu melakukan analisis dan evaluasi per periode tertentu terkait bisnis online yang Anda jalankan. Apakah toko online Anda memiliki rating search engine yang baik? Apakah promosi melalui Facebook efektif? Seberapa banyak presentasi buyer yang datang pada Anda melalui media sosial? Analisis semacam ini membantu Anda menentukan strategi yang tepat bagi bisnis. Anda pun akan terhindar dari kemungkinan mengeluarkan biaya yang tidak memberikan feedback menguntungkan.