wisata alama di jakarta

Jakarta Ternyata Juga Punya Wisata Alam di 6 Tempat Ini Lho!

Jakarta selalu identik dengan bangunan-bangunan pencakar langit yang berjejer rapi di berbagai ruas jalannya, mulai dari hotel, apartemen, hingga gedung perkantoran. Belum lagi berbagai pusat perbelanjaan yang seolah tak pernah sepi pengunjung terutama saat akhir pekan. Agak susah rasanya membayangkan ada destinasi wisata alam di balik bangunan-bangunan tinggi tersebut.

Tapi ternyata Jakarta memang punya beberapa tempat wisata alam yang bisa kamu datangi. Popularitasnya mungkin tidak setinggi pusat perbelanjaan, tetapi tempat-tempat berikut ini bisa menjadi alternatif yang oke kalau kamu mulai bosan jalan-jalan di mall atau nongkrong di kafe saat hari libur.

Godong Ijo

 godong ijo godong ijo wisata alam jakarta

Source: blog.gogonesia.com

Destinasi wisata alam pertama yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Godong Ijo, yang terletak di kawasan Sawangan, Depok. Lokasinya persis berada di pinggir jalan raya, jadi seharusnya tidak susah untuk ditemukan. Seandainya kamu nyasar pun, mayoritas penduduk setempat pasti bisa memberikan petunjun arah kepada kamu. Beberapa fasilitas yang tersedia di Godong Ijo adalah green house, kolam pemancingan, vertical garden, kolam ikan, dan restoran. Lebih dari itu, Godong Ijo juga menyediakan fasilitas wahana edukasi untuk anak-anak, seperti kelas bercocok tanam, sahabat alam, koki cilik, aktivitas bermain keramik, dan lain sebagainya.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata alam satu ini merupakan sebuah kawasan konservasi hutan bakau (mangrove) yang berada di dekat pinggir pantai. Lokasi tepatnya terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kalau terlalu jauh dari tempat tinggal, kamu bisa menginap di salah satu hotel yang dekat dengan Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini.

Berdiri di atas lahan seluas 99 hektar, hutan bakau di Taman Wisata Alam Angke Kapuk berfungsi untuk mencegah abrasi pantai sekaligus menjadi tempat untuk ikan-ikan berkembang biak. Di sini, kamu bisa berjalan-jalan atau bersepeda menikmati hijaunya deretan pohon bakau untuk melepas stres. Kalau mau, kamu juga bisa menanam mangrove dengan merogoh kocek sekitar Rp 350.000 sampai Rp 500.000.

Kandank Jurank Doank

Beberapa dari kamu pasti sudah cukup familiar dengan wisata alam satu ini. Kandank Jurank Doank didirikan oleh seorang artis Indonesia, Dik Doank, pada tahun 1993. Awalnya, Kandank Jurank Doank dibangun sebagai sebuah sekolah alam yang ditujukan untuk anak-anak di kampung sekitar, tepatnya di kawasan Ciputat. Kini, tempat tersebut telah menjelma menjadi sebuah wisata edukasi anak-anak dengan suasana yang sejuk karena banyak ditanami pohon dan sawah. Di sini, anak-anak bisa lebih mengenal alam dan lingkungan sekitar dengan melakukan cara-cara yang asik, menyenangkan, dan tentunya tidak membosankan.

Pulau Tidung

pulau tidung wisata alam jakarta

Source: en.wikipedia.org

Kalau ingin kabur sejenak tapi tidak mau ke tempat yang terlalu jauh, kamu bisa langsung ke Pulau Tidung. Dengan pasir putihnya yang halus dan ombaknya yang cukup tenang, Pulau Tidung bisa menjadi alternatif tepat bagi kamu yang ingin melepas penat. Pulau Tidung terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pantai, sedangkan Pulau Tidung Kecil adalah sebuah hutan mangrove.

Sebelum berangkat, jangan lupa untuk booking hotel di Jakarta kawasan Pulau Tidung untuk menginap selama beberapa hari. Dengan begitu, kamu punya lebih banyak waktu dan bisa puas melakukan banyak hal di Pulau Tidung, seperti berjemur di pantai, berenang, menyaksikan sunrise, bermain jetski, banana boat, cano, dan melakukan olahraga air lainnya.

Hutan Kota Manggala Wanabakti

Pernah dapat undangan pernikahan yang acaranya bertempat di salah satu gedung Departemen Kehutanan? Kalau iya, kemungkinan besar kamu pasti pernah setidaknya melewati tempat wisata ini. Ya, Manggala Wanabakti memang berada di halaman kantor Departemen Kehutanan. Begitu masuk ke sini, suasana sejuk akan langsung terasa, kontras dengan suasana di sekitar yang cenderung panas dan bising. Setiap tanaman di Hutan Kota Manggala Wanabakti dilengkapi dengan papan nama beserta nama latinnya. Jadi, sambil berjalan menyusuri hutan kota, kamu bisa sekaligus belajar sedikit tentang tanaman-tanaman yang kamu temui. Seru kan ternyata ada hutan di tengah kota Jakarta?

Kepulauan Seribu

Meskipun namanya Kepulauan Seribu, sebetulnya jumlah pulau yang ada di sini hanya ada sekitar 110 buah. Pulau Tidung, yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, merupakan salah satu bagian dari Kepulauan Seribu ini. Beberapa pulau lain yang juga termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu adalah Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Pantara.

Nah, biasanya ada beberapa pihak yang menawarkan paket wisata untuk mengunjungi beberapa pulau sekaligus. Tentunya kamu harus meluangkan waktu selama beberapa hari untuk menginap di kawasan Kepulauan Seribu untuk bisa menjelajah pulau-pulau tersebut dengan puas. Jadi, sebelum berangkat, coba kamu lakukan riset singkat tentang paket wisata yang kamu inginkan, lalu lakukan booking hotel online melalui layanan seperti Traveloka. Cukup buka situs atau aplikasinya di perangkat mobile, kamu sudah bisa mendapatkan kepastian kamar di hotel yang diinginkan.

Itulah beberapa rekomendasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Bagi yang bosan jalan-jalan di mall atau ingin menikmati Kota Jakarta dari sisi lain, coba deh sesekali bertandang ke tempat-tempat di atas. Kalau kamu tidak tinggal di Jakarta, tenang saja karena ada banyak hotel di Jakarta yang bisa kamu pilih, mulai dari hotel berbintang lima hingga budget hotel. Happy holiday!

  • Comments ( 0 )

  • Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP