3 Inspirasi Wisata di Kampung Adat Jawa Barat
August 27, 2017
Pesona Keindahan Pantai Watu Leter
Nikmatnya! Pesona Keindahan Pantai Watu Leter
August 28, 2017
 

Selain ada Pantai Watu Leter yang masih belum banyak diketahui orang, Malang juga memiliki pantai yang keindahannya tidak kalah dengan pantai yang sudah tersohor meskipun masih dikatakan pantai perawan yaitu Pantai Jonggring Saloka.

Pantai Jonggring Saloka sendiri terletak di Malang Selatan, tepatnya berada di Desa Mentaraman, di Kecamatan Donomulyo. Pantai Jonggring Saloka berjarak sekitar 69km dari arah pusat kota Malang.

Nama Jonggring Saloka sendiri merupakan sebuah nama Kahyangan, dimana Kahyangan tersebut ditinggali oleh Batara Narada atau yang dikenal sebagai Sanghyang Kanekaputra atau Sanghyang Kanwakaputra. Nama tersebut ialah seorang tangan kanannya dari Batara Guru yang merupakan orang yang mendiami Kahyangan yang bernama Jonggring saloka.

Rute menuju Pantai Jonggring Saloka

Untuk akses jalan menuju ke Pantai Jonggring Saloka ini sendiri masih terbilang cukup sulit, karena jalur yang berbatu, berkelak kelok dan terjal. Namun, meskipun perjalanan menuju ke Pantai Jonggring Saloka ini harus melewati jalan ekstrim akan tetapi akan terbayar lunas ketika Kamu sudah sampai pantai tersebut.

pasalnya pantai tersebut memiliki keindahan yang mempesona dengan air jernih dan juga ombak yang saling berkejaran.

Namun bagi Kamu yang ingin berenang di pantai tersebut, Kamu harus menelan kekecewaan. Karena di Pantai Jonggring Saloka tertulis dilarang untuk melakukan aktivitas berenang.

Selain itu, Kamu juga harus sudah mempersiapkan bekal makanan untuk dimakan di pantai tersebut, karena di Pantai Jonggring Saloka tidak tersedia penjual makanan seperti di Pantai Balekambang.

Terlebih untuk jarak pantai ini dengan pemukiman warga cukup jauh, yaitu sekitar 5 km meskipun ada beberapa rumah yang bisa dihitung dengan jari yang ada di sekitar pantai tersebut.

Keunikan dari Pantai Jonggring Saloka

Setiap tempat wisata alam tentu memiliki keunikan berbeda-beda, tidak terkecuali Pantai Jonggring Saloka yang juga memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh pantai lain.

Salah satu hal unik yang terdapat di Pantai Jonggring Saloka yang terletak di Malang ini adalah semburan air lautnya yang umumnya disebut dengan istilah Brosh nama tersebut diambil dari suara yang dihasilkan dari deburan air laut yang memang suaranya berbunyi brooosshhhhhh.

Keunikan ini terjadi sebab adanya hantaman yang keras dari ombak air laut yang menghantam langsung karang-karang bebatuan di pinggiran pantai, tinggi semburan air laut sendiri mencapai 10 meter.

Sementara untuk fasilitas yang ada di Pantai Jonggring Saloka masih terbilang sangat minim dikarenakan jarak dari pemukiman yang cukup jauh. Selain itu juga dipengaruhi oleh akses jalan yang masih sangat ekstrim dan terjal, sehingga masih sulit untuk dijangkau.

Namun terlepas dari akses jalan yang masih sulit di jangkau, Pantai Jonggring Saloka ini merupakan pantai perawan yangb wajib Kamu datangi. Karena selain masih sepi pengunjung, Pantai Jonggring Saloka juga pantai yang tidak hanya memiliki pemandangan indah saja, namun pantai ini juga memiliki keunikan dan juga legenda yang masih tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *