online supplier

Hampir semua pemilik toko online pemula mengawali bisnisnya sebagai pengecer seperti bisnis jersey bola, gadget sampai power bank yang sedang marak saat ini. Mereka mengambil produk dari pemasok untuk dijual kembali di toko online-nya. Meskipun berbisnis dengan cara ini pada prakteknya memang menguntungkan, bukan berarti penjual online boleh merasa puas dengan sistem reselling yang dijalankan ini. Sebaiknya Anda, sebagai pemilik toko online, menyusun target jangka panjang terhadap toko online Anda, salah satunya dengan menjadi pemasok produk bagi toko online lain.

Mengawali berbisnis online dengan menjadi pengecer memang wajar untuk dilakukan. Namun, mengembangkan toko online sehingga Anda bisa menjadi pemasok bagi toko online lain adalah keputusan bisnis yang perlu diperhitungkan. Ada beberapa “tanda” yang dapat Anda jadikan patokan untuk menilai kesiapan Anda menjadi pemasok bagi toko online lain. Jika toko online telah menunjukkan ciri-ciri berikut, ada baiknya Anda memperluas jaringan bisnis Anda kepada para reseller online.

Profit yang signifikan

Tujuan orang membeli secara grosiran adalah agar ia bisa mendapatkan potongan harga dari si pemasok. Bahkan, ada pembeli grosir yang menginginkan potongan harga sebesar 50% dari harga jual satuan. Jika ingin menjadi pemasok, Anda harus siap menghadapi reseller semacam ini. Menjadi pemasok memang berarti Anda harus menjual produk sedikit lebih murah daripada harga pasar atau harga ecer yang biasanya Anda patok. Namun keuntungannya, Anda mendapatkan konsumen dalam jumlah besar sekaligus dalam satu kali transaksi dengan pengecer.

Pertimbangan demikianlah yang menuntut Anda untuk memastikan bahwa profit yang dihasilkan toko online jumlahnya signifikan. Ketika persentase profit yang Anda dapat besar, artinya toko online Anda telah mencapai kondisi finansial yang stabil. Dengan kata lain, menjual dengan harga grosir tidak akan menjadi masalah besar bagi Anda.

Kesulitan mengelola permintaan konsumen

“Tanda” lain toko online siap menjadi pemasok adalah ketika Anda menghadapi kesulitan memanajemen pesanan. Angka permintaan yang tinggi di toko online menunjukkan bahwa produk Anda diminati oleh konsumen dalam jumlah besar. Menjadi pemasok artinya Anda berbisnis dengan para reseller. Berbisnis dengan cara seperti ini bisa diibaratkan seperti “membuka cabang”. Jika stok barang di toko online Anda kosong, Anda bisa mereferensikan reseller yang mengambil produk dari Anda kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen tidak akan kecewa dan tetap mendapatkan produk yang diinginkannya.

Mencoba berbisnis dengan satu reseller kemudian “sukses”

Menjadi pemasok bukan berarti Anda harus berbisnis dengan banyak reseller dalam waktu yang bersamaan. Ketika ide untuk mengembangkan toko online sebagai pemasok muncul, ada baiknya Anda bereksperimen menjalin bisnis dengan satu orang reseller terlebih dahulu. Jika relasi bisnis ini sukses, artinya toko online Anda telah siap menjadi pemasok. Kesuksesan berbisnis dengan reseller dapat diukur lewat jumlah permintaan. Jika dalam waktu singkat  reseller tersebut mampu menjual sejumlah produk yang diambil dari toko online Anda, artinya Anda berbisnis dengan reseller yang memiliki pangsa pasar baik. Semakin tinggi permintaan konsumen kepada reseller tersebut, semakin sering ia akan memasok produk dari toko online Anda. Kesuksesan berbisnis dengan satu orang reseller bisa Anda kembangkan dengan menambah jumlah reseller. Bukannya tidak mungkin suatu hari Anda benar-benar menjadi pemasok besar bagi banyak reseller, tanpa perlu menjual secara eceran kepada pembeli.

***