logo startup apa itu startup lokal

“Hoo.. ia pernah denger gue, startup lokal itu pengusaha basis IT kan yah?”

Begitu kata teman saya, saat sedang asik bincang bincang seputar web BEM UI yang akan kita bangun bersama.

logo startup apa itu startup lokal

Dari pernyataan teman saya saat itu, saya jadi tersadar dengan statement yang saya buat sekitar 1 tahun lalu, ketika berdiskusi definisi startup itu sendiri, tentunya bersama penggiat dan pemerhati startup lokal. Bisa dikatakan, ternyata benar apa yang saya prediksikan. Pemahaman “apa itu startup” adalah …. berikut detail diskusi kami:

Definisi “Apa itu Startup (Lokal) ?”

Ronald Widha dari TemanMacet.com:

Startup = perusahaan baru, lokal = dalam konteks ini lokal di Indonesia.
Aku rasa deifnisinya ga harus perusahaan web dan ga harus high tech, ga harus produk, boleh jasa. tapi konotasinya di asosiasikan sama the new economy. grass root movement. ga ngandelin perusahaan gede doank.

Arham Haryadi dari Road-Entrepreneur.com:

StartUp Lokal itu Corporate IT baru yang masih dalam tahap awal

Rama Mamuaya dari DailySocial.net:

Menurut definisi gw .. perusahaan yang baru mulai. As simple as that. Cuma berhubung di Silicon Valley itu hampir semua perusahaan teknologi, maka startup itu identik dengan web company. Apalagi dengan pertimbangan mudahnya memulai sebuah web company, nggak seribet bikin perusahaan model lain.

Beberapa constrain yang populer diadopsi literatur luar :
– Dibawah 3 tahun operasional
– Kurang dari 20 orang karyawan
– Revenue kurang dari $100.000 (1 Milyar Rp) per tahun.

Kristiono Setyadi dari kristionosetyadi.net

IMHO, startup itu sebutan untuk perusahaan baru. Bener kata Rama, ada penyempitan makna yang mengacu pada spesifikasi “teknologi” untuk sebuah startup. Cuma, instead of web company, menurut gue bisa lebih luas lagi, misal bioteknologi, virtual reality, dsb yang intinya memanfaatkan teknologi. Lokal, like Ronald said, is Indonesia. No doubt about it :)

So, IMHO again, startup = new company + new technology; lokal = Indonesia. CMIIW.

Startup, Pengusaha Umumnya dan Donny Verdian

Awalnya saya mendiskusikan pengembangan strategi pemasaran “Leyga” salah satu usaha fashion yang akan saya garap. Perbincangan dengan sobat saya Donny Verdian yang menetap di Aussie tersebut mengundang pembicaraan mengenai startup. Sebuah statement yang menarik adalah

DV startp loka

Seakan menegaskan asumsi saya “Apa itu startup (lokal)“. Ada pergeseran atau tepatnya pembentukan pemahaman secara dominan, Startup itu Corporate berbasis kan IT yang masih dalam tahap awal / merintis. Padahal jujur saja, saya sendiri lebih sepakat dengan apa yang @rampok katakan :

Startup itu perusahaan yang baru mulai. As simple as that

Jadi yang namanya startup itu ngak harus IT, tidak harus lekat dengan mobile apps, mobile business, SEO, atau jenis lainnya. Startup itu adalah tahapan sebuah usaha dari kempompong menuju kupu kupu, jadi baik IT atau belum bersentuhan dengan social media tetap saja sama dengan pengusaha pada umumnya :).

Nah, karena setiap individu bebas menentukan definisi dan pemahaman mereka bagaimana menurut kalian? Apa itu startup lokal

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online. Diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis pribadi, beberapa export komoditas dan menghandle beberapa brand untuk optimasi media online. Tuk yang ingin menghubungi bisa kontak langsung via email. Arham @ Simplyecho .net atau whatsapp: 0818698484