mobile press

Pentingkah situs kamu memiliki fitur mobile version?

Dewasa ini kegiatan browsing melalui mobile device sedang marak, maka mau tidak mau kita sebagai pemilik blog atau website harus menyediakan opsi ini. Demikian pula dengan media online menghadapi tantangan demi tantangan dengan hadirnya berbagai macam platform dan sistem operasi termasuk diantaranya mobile internet, dimana semua orang bisa mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile mereka seperti handphone, blackberry, ipad, iphone, dll.

Sehingga teman – teman yang blogwalking atau sekedar membaca ke blog kita dengan menggunakan HandPhone ataupun BlackBerry akan merasa sangat dimudahkan. Selain dimudahkan karena layout blog yang sudah mobile friendly, keuntungan lainnya adalah akses yang cepat, karena blog dengan mobile versi tidak banyak menampilkan image, bahkan seluruh image bisa didisable sama sekali. Sehingga waktu render halaman akan lebih singkat jika dibandingkan versi fullnya.

Berikut ini plugin WordPress mobile device yang saya rekomendasikan untuk pembaca :
1. Mobile Pack. Kita dapat update blog kita dimana aja selama ada koneksi dari mobile device kita. Selain itu plugin ini juga menyediakan akses ke wp-admin dalam versi mobile.
2. IamMobiled Mobile Salah satu kelebihannya adalah user dapat melakukan pencarian content blog, selain itu Plugin ini juga dapat digunakan untuk monetize menggunakan Admob.
3. Mobile Domain. Untuk menggunakan plugin ini kita sedikit perlu direpotkan untuk membuat subdomain misal m.simplyecho.net. Namun sisi positifnya akan sedikit terlihat professional mengingat menggunakan subdomain. Sebelum menginstal plugin Mobile Domain ini alangkah baiknya kita membaca panduannya.

Masih banyak sebenarnya plugin mobile yang kompatible untuk blog WordPress Anda. Dan untuk penikmat platform blogspot bisa menggunakan mobile template untuk platform blogspot.

DjPutri
DjPutri
Creative with a heart of code. Currently obsessed with responsive web design and does full stack development with a specialization in front-end.