profit margin

Oleh karena itu, penjual perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menetapkan harga jual produk yang ia jual ditiap situs jual beli online. Penentuan harga produk sangat dipengaruhi oleh seberapa besar profit margin yang ingin didapatkan. Ada Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan profit margin dari sebuah produk.

Kunci sukses dalam menentukan profit margin adalah dengan menetapkan harga yang bervariasi. Mulai dari yang paling rendah, hingga yang paling mahal mensubsidi yang murah. Cost of goods sold (COGS) juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual produk. COGS adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan ketika menjual sebuah produk. Jadi, yang dihitung dalam profit margin bukan hanya biaya pembelian dari supplier saja. Berikut ini variabel yang termasuk ke dalam COGS adalah:

1. HPP (harga pokok produksi / harga pokok pembelian)

Biaya ini meliputi berapa harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa dari supplier, berapa biaya pengiriman barang dari tempat supplier ke tempat seller, serta biaya pemeliharaan barang (jika ada) harus disertakan disini. Untuk yang menjual jasa, semisal paket wisata murah tentu tetap harus memperhitungkan tapi bukan material melainkan biaya pekerja.

2. Marketing Cost

Adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Misalnya, biaya untuk maintenance website, biaya hosting, dan sesuai namanya biaya promosi.

3. Cost to deliver

Biaya ini biasanya tak banyak diperhatikan oleh penjual. Tapi, sebenarnya ini berpengaruh terhadap profit margin. Yang termasuk cost to deliver adalah biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman barang atau shipping. Misalnya nih kamu seorang eksportir untuk coconut shell charcoal tentu kamu harus memperhitungkan biaya packing misalnya harga dus atau kotak, harga plastik, serta biaya jasa pengiriman, seperti FedEx, JNE, atau TIKI. Jika menggunakan kurir sendiri, biaya transport, asuransi dan gaji si kurir juga termasuk dalam cost to deliver.

Tips terakhir, dalam menentukan harga produk, penjual juga sebaiknya mempertimbangkan supply dan demand yang terjadi. Selain itu sebaiknya seller juga harus mempertimbangkan ‘musim’ dari setiap produknya

Kalau ada yang kurang tolong ditambahin yah ..silahkan lho

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online. Diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis pribadi, beberapa export komoditas dan menghandle beberapa brand untuk optimasi media online. Tuk yang ingin menghubungi bisa kontak langsung via email. Arham @ Simplyecho .net atau whatsapp: 0818698484