mengaku-backpacker tips hemat maldives

Mengaku Backpacker? Wajib Tau Tips Super Hemat ke Maldives Berikut Ini

tips hemat backpacker ke Maldives
Selamat datang di maldives

Kamu mengaku backpakcer tapi belum pernah ke Maldives? ngak masalah sebentar lagi kamu bisa kesana dengan tips hemat backpacking ke Maldives. Sekarang pertanyaannya Maldives itu di negara mana? Saya cuman bisa cerita kalo tempat wisata yang namanya Maldives itu sebuah negara yg isinya pantai semua. Sedikit gambaran umum tentang negara pulau Maldives ini yang katanya akan tenggelam. Maldives adalah negara kepulauan yang mirip Indonesia tapi jauh lebih kecil. Terdiri dari sekitar 1,200 pulau kecil, posisinya kira-kira di bawah India & Srilanka. Transportasi utama di Maldives adalah Pesawat Laut dan kapal. Ia, pesawat yang bisa mendarat dilaut ituh. Untuk Kapal ada dua opsi yakni Ferry Lokal punya negara atau Private Boat milik Swasta yang biasanya berafiliasi dengan Hotel. Kalau bisa saya gambarakan pulau Maldives atau juga dikenal Maladewa ini layaknya kepingan surga yang jatuh ke bumi. Banyak pantai pantai yang masih bersih disini, dan sejujurnya Pulau maldivs ini setara dengan Labuan Bajo. Kalo jaman dulu backpacker mau jalan-jalan ke Maldives harus rela merogok kocek dalam dalam supaya bisa nginep di resort maldives yang super mewah dan mahal, tapi sekarang sudah mulai banyak penginapan dengan harga terjangkau di pulau lokal tempat masyarakat asli Maldives tinggal. Beruntung banget! tuk pemegang paspor Indonesia, kita bisa masuk tanpa perlu visa selama 30 hari di Maldives. Jadi lumayan juga yah bisa irit biaya visa nih.

1. Pakai USD untuk MVR

Mata uang yang digunakan di negara ini adalah MVR (Maldivian Rufiyaa) dengan nilai tukar USD sekitar kurs 1 USD = 15 Rf. Sebaiknya kamu menyiapkan dalam bentuk dollar, dan sedangkan yang ngak sempat menukar ke dollar tetep bisa dengan rupiah. Nantinya kamu menukar IDR kamu ke MCR dimoney changer bandara setelah exit Arrival Hall ada Bank of Maldives Money Changer. NB: Simpan struknya supaya kamu bisa nukerin lagi ke USD yang kemudian jadi bisa dituker lagi ke rupiah. Untuk kamu yang terlewat, kamu tetap bisa metukar di money changer sekitaran toko-toko pulau Male atau bahkan ada beberapa hotel yang siap menjadi money changer dadakan.

2. Akomodasi Hemat

Tips hemat backpacker ke Maldives
Resort di Maldives – photo credit by kaskus

Kalau mau liburan mewah? Banyak banget resort Maldives yang bisa dipilih! Tapi karna kita niatnya backpacker-an, banyak juga beberapa rekomendasi budget hotel dan guesthouse di pulau-pulau lokal Maldives, berikut kisarannya:

  • Hulhumale mulai dari USD 40/ malam
  • Male mulai dari USD 50/ malam
  • Vilingili mulai dari USD 60/ malam
  • Maafushi mulai dari USD 40/ malam
  • Gulhi mulai dari USD 60/ malam

Penginapan di Pulau Maafushi, untuk guesthouse berkisar dari 40 USD per malam, fasilitas kamar sudah tersedia AC, shower air panas, TV kabel, plus sarapan porsi banyak..hehe. Oh ia, juga tersedia Wifi. Salah satunya di Ocean Vista yang untuk sekali menginap dibandrol dengan harga 43 USD per malam! Sementara bagi yang memilih di Gulhi, pulau kecil ini sebenernya lebih cantik daripada Maafushi lho. Meskipun kalah tenar. Gulhi ini sepi banget dan boleh dibilang nyaris nggak ada turis. Karena masih baru banget dibuka, karenyanya disini belum banyak fasilitas penginapan dan bahkan nggak ada restoran. Buat kamu yang ngincer banget suasana sepi, kamu bisa memilih di Gulhi Beach Villa yang punya kursi pantai yang bisa dibawa ke pinggir pantai. Mantab kan! Kamu bisa pilih kamar berjenis Silver Shade yang dibandrol 57 USD per malam dan sudah termasuk sarapan, AC dan shower air panas. Tapi sayangnya mereka tidak menyedikan Wifi jadi harus bayar sekitar Rf 45 per 24 jam tuk kamu yang ngebet internetan. Berikt beberapa rekomendasi Hotel yang bisa kamu booking

1. The Barefoot Eco Hotel

The Barefoot Eco Hotel Maldive

 photo credit by Liburmulu

The Barefoot Eco HotelPenginapan ini dilengkapi dengan beberapa vila-vila yang langsung menghadap laut dan kamu juga akan disuguhi sajian makan pagi untuk berdua, untuk harga yang dibandrol lewat situs booking Agoda.com dimulai dari 125 dolar AS per malam nya di sini. Untuk dikelasnya The Barefoot Eco dapat dianggap cukup murah. Note: Hotel dengan jumlah vila/kamar sebanyak 52 buah ini termasuk yang paling mahal di daftar ini. Dari sisi fasilitas, lokasi dan service yang ditawarkan bisa menjamin kepuasan tamu. Hotel ini resmi dibuka tahun 2014 berlokasi di bagian utara pulai Hanimadhoo yang tergolong sunyi, masuk dalam area Haa Alif Atoll.

Para tamu Agoda.com memberikan rate yang tergolong “luar biasa” untuk hotel ini karena lengkapnya fasilitas yang dibalut hamparan pantai pribadi sepanjang beberapa kilometer, belum lagi sajian makanan khas Mediterania. The Barefoot Eco Hotel dikelilingi hutan hijau dan variasi terumbu karang di perairan yang bisa dicapai sekitar 30-45 menit penerbangan pendek dari Bandara Ibrahim Nasir, hanya dengan biaya 340 USD PP.

2. Aveyla Manta Village

Aveyla Manta Village

photo credit by Liburmulu

Aveyla Manta VillageHotel terbaru di jaringan Agoda.com ini memiliki 16+ unit kamar untuk mengakomodasi tamu. Hotel butik yang membalut dirinya dengan konsep laid back charm. Terletaknya di Dharavandhoo, pulau terbesar di jajaran atoll Baa. Mengusung prinsip “Kelas bintang lima, harga BUKAN bintang lima” secara harga hotel ini adalah pilihan terbaik yang bisa kamu dapatkan jika memilih dengan Agoda.com dengan bandrol hanya 77 dolar AS per malam. Mudah ditempuh dengan penerbangan selama 20 menit dari bandar udara, dengan tambahan biaya 200 dolar PP.

3. Tiket Pesawat Hemat Ke Maldives

Untuk ke Maldives dari Indonesia, biasanya kamu akan transit dulu di Kuala Lumpur atau Singapura. Bahkan ada baiknya kamu memesan tiket pesawat dari KL, karna biasanya akan jauhhh lebih murah. Begitu landing, kamu akan sampai di Velana Airport/ Bandara Ibrahim Nasir di Pulau Hulhule. Di pulau ini memang hanya diperuntukkan untuk menjadi bandara, persis seperti di Korea Selatan. Jadi kalo mau kemana-mana harus naik transportasi lain dan nggak memungkinkan untuk jalan kaki.

  1. Langsung naik pesawat domestik jika mau terbang langsung ke pulau resort mewah
  2. Naik speedboat menuju resort atau naik ferry lokal yang berangkat setiap 10 menit menuju ibu kota (Male) untuk sambung lagi naik ferry ke tujuan berikutnya. Harga tiket ferry bandara-Male Rf 10 / Rp 8.270,-
  3. Naik bus ke pulau terdekat Hulhumale kalau kamu mau memilih menginap disana kemudian menunggu keberangkatan ke pulau selanjutnya. Harga tiket bus Rf 16 / Rp 13.200,- dengan frekuensi setiap jam. (Info: harga hotel di pulau Hulhumale lebih murah dibandingkan hotel di Male)

4. Transportasi Hemat

Transportasi utama untuk berkeliling kesana kesini di pulau Maldives ini umumnya memakai kapal ferry. Ongkosnya di bandrol cukup murah buat naik ferry antarpulau.

Dari Male ke Vilingili Island kamu cuma perlu merogoh kocek 3,25 Rf (Rp 2700) sekali jalan. Sementara untuk ke pulau Maafushi dan pulau Gulhiitu 22 Rufiyaa (Rp 18.000). Dengan track rutenya Male-Gulhi-Maafushi-Guraidhoo, yang perlu kamu waspadai kamu harus mencatatat dan mencocokan cocokin jadwalnya. Umumnya kapal ferry ke pulau-pulau lokal itu berangkat dari Vilingili Ferry Terminal. Yang populer sejauh ini katanya pulau lokal yang paling ramai dikunjungi yakni pulau Maafushi, jaraknya sekitar 1.5 – 2 jam naik ferry dari Male. Yang Perlu diingat (terutama kalau para backpacker mau ke Maafushi):

  1. Tidak ada kapal ferry yang beroperasi sama sekali setiap hari Jumat. Mungkin Yaumuul Jummah yah .. masha Allah 🙂
  2. Sementara diluar jadwal yang tercantum di website resmi milik pemerintah tersebut, ada ferry milih swasta yang dikelola dan beroperasi setiap jam 3 sore (kecuali hari Jumat) berangkat dari Male ke Maafushi.
  3. Berdasarkan pengalaman dan info yang beredar, kapal ferry jam 10 pagi dari Male ke Maafushi di hari Kamis seringkali penuh karena banyak warga lokal yang weekend-an. Diwaktu itu umumnya para turis terpaksa harus menunggu jadwal ferry yang berikutnya sekitar jam 3 sore. Sehingga kalau bisa jangan berangkat hari Kamis pagi.
  4. Supaya ngak kelamaan dan lebih hemat waktu dan biaya maka kalau sampai di Maldives sebelum jam 13.30, ada baiknya langsung saja coba naik ferry yang jam 3 sore. Tidak usah menginap di Male atau Hulhumale dulu. Lebih hemat langsung di Maafushi atau pulau lainnya.

Tambahan info: Velana Airport (Hulhule) – Hulhumale : • Ferry MVR 10 (keberangkatan tiap 15 menit) Hulhumale : • Bus MVR 2 • Taxi MVR 25 Velana Airport (Hulhule) – Hulhumale : • Bus MVR 20 • Hotel service > US$ 5 • No taxi from airport Male – Vilingili : • Ferry MVR 3.25 (keberangkatan tiap 10 menit) Hulhumale – Male : • Ferry MVR 5.5 (keberangkatan tiap 30 menit) Male : • Bus MVR 2 • Taxi MVR 25 Maafushi – Male : • Ferry MVR 22 untuk MTCC no. 311 jadwal hari Sabtu s/d Kamis pukul 7:30 pagi • Ferry MVR 30 untuk Maafushi Ferry setiap hari pada pukul 7:30 pagi • Ferry MVR 53 untuk MTCC no. 310 hari Sabtu-Senin-Selasa pukul 12:55 siang Male – Maafushi : • Ferry MVR 22 untuk MTCC no. 311 jadwal hari Sabtu s/d Kamis pukul 3 sore • Ferry MVR 30 untuk Maafushi Ferry setiap hari pada pukul 3 sore • Ferry MVR 53 untuk MTCC no. 310 hari Minggu-Selasa-Kamis pukul 10 pagi Jika kamu menggunakan speed boat tidak dibatasi oleh jadwal tertentu tetapi tentu saja kamu harus merogoh kocek lebih dalam dengan variasi harga yang berbeda (mulai dari US$ 150/trip). Sebenarnya speed boat memang sangat efisien jika digunakan apabila berangkat berkelompok (minimal 4 orang). Untuk berapa harga terupdate dari transport di Maldives, kamu bisa melihat di situs transportasi Maldives.

5. Memilih Makan dan Minum Hemat di pulau Maldives

Sudah umum kalau kawasan tepi pantai akan banyak banget makanan berbahan seafood yang enak enak. Tapi kalau kamu mau mencoba makanan lokal, bisa coba “chapatti”, kari dan sarapan khas Maldives yaitu “mas huni” yaitu tuna, bawang bombay mentah, cabe dan kelapa parut yang dicincang terus diaduk rata. Sementara untuk yang pengen ala romantis tapi tetap hemat, kamu bisa makan di pinggir pantai bareng istri. Inget, istri yah ..jangan yang bukan mahrom kamu. Berikut beberapa point penting tambahan yang perlu kamu save:

  • Harga makanan dan minuman di pulau-pulau lokal kayak air minerl kemasan 500 ml itu 5 Rf, kalo 1,5 L itu 10 Rf.
  • Sedangkan local food (garudhiya, mashuni, kulhimas, fihunumas, masroshi, keemia) sekitar Rf 50-100 di local café seperti Thyme, Dinemore. Dan semua makanan diatas sudah termasuk welcome drinknya lho
  • Di Maldives, jangan pernah bertanya tempat makan dengan kata “resto” karena identik dengan tempat makan mahal dan berkelas.
  • Gunakan kata “café” yang langsung diasosiasikan sebagai kedai atau tempat makan yang relatif murah dan terjangkau, khususnya bagi backpacker.

6. Rancang Itinerary Yang Hemat

Pulau Maafushi ini memiliki pantai yang subhanallah cantiknya. Airnya jernih, pantainya dangkal bahkan sampe ke beberapa puluh meter ke depan. Jadi pas banget tuk kamu yang nggak bisa berenang. Secara umum aktivitas yang biasa dilakukan para turis di Maldives akan berhubungan dengan air. Semisalnya snorkeling di pantai, atau home reep pakai boat lokal. Ada juga yang bisa diving, sewa kayak buat keliling-keliling, dan juga piknik ke pulau resort yang mewah.

Atau kalo agan suka aktivitas lain, banyak lagi yang bsia dicoba. Mulai dari dolphin watching, night fishing, berenang bareng manta, liat whale shark pas lagi musim dsb. Kalo agan nggak mau main air, agan bisa sunbathing biar makin sawo-matang gitu ditemenin sama pantai yang biru dan jernih. Atau nikmatin sunset sambil leyeh-leyeh aja.

Disini kamu bisa terbantu dengan aplikasi TRUVEL untuk beberapa penyewaan fasilitas transport diatas

  • Comments ( 0 )

  • Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP