Sebuah situs/blog khususnya yang memakai engine WordPress, acapkali menerima serangan-serangan dari seorang hacker cracker. Ya, keamanan blog itu sendiri sangat penting untuk diperhatikan. Mem-backup blog secara rutin adalah langkah antisipasi yang paling disarankan. Pda tulisan ini saya akan berbagi satu cara alternatif untuk mengamankan blog dari upaya cracker untuk menyerang dan merusak (deface) sebuah blog entah itu karena entah itu karena atau emang hobi-nya.

Lalu bagaimana caranya? Well, dengan mencoba menyembunyikan halaman login wp-admin, dengan mengalihkan atau mengganti URL yang menuju ke login wp-admin. Pada umumnya URL untuk menuju ke wp-admin alamatnya http://AlamatSitus.com/wp-login.php dengan bantuan Plugin Stealth Login maka kita bisa dengan mudah mengganti URL akses ke login WordPress admin menjadi http://AlamatSitus.com/masuk

Instal dan Setting Plugin Stealth Login

Silahkan instal Plugin Stealth Login terlebih dahulu. Lalu llakukan pengaturan terhadap plugin ini dengan mengklik menu Pengaturan (Settings) dan pilih Stealth Login dari halaman dasbor WordPress.

Pada halaman pengaturan Stealth Login, kita akan fokuskan perhatian kita pada pilihan-pilihan berikut ini :

Keterangan :

  • Enable Plugin. Aktifkan plugin dengan menekan tombol On.
  • Login Slug. Isi dengan kata yang akan anda jadikan ujung tautan login yang baru. Misalnya anda mengisinya dengan kata masuk, maka tautan untuk login yang semula adalah http://AlamatSitus.com/wp-login.php akan berubah menjadi http://AlamatSitus.com/masuk.
  • Stealth Mode. Aktifkan (enable) pilihan ini untuk mencegah pengguna agar tidak bisa langsung mengakses file wp-login.php.
  • Pada pilihan Redirect URL, Logout Slug, Admin Slug diabaikan saja. Selanjutnya simpan pengaturan di atas dengan menekan tombol Save Changes di bagian paling bawah.

Jika akses halaman login bawaan WordPress http://AlamatSitus.com/wp-admin tidak bisa ditampilkan, itu berarti pengalihan URL login WordPress anda sudah sukses dan login slug ini agar dicatat baik-baik, jangan sampai anda lupa Semoga bermanfaat!

DjPutri
DjPutri
Creative with a heart of code. Currently obsessed with responsive web design and does full stack development with a specialization in front-end.