Android adalah Sistem Operasi untuk mobile yang berlisensi opensource. dan mungkin harga dari ponsel android ini sudah terbilang murah jika dibandingkan dengan Smartphone saingannya, Mungkin Developers yang senang mengutak atik atau yang sedang menghacking aplikasi mungkin sering sekali mengetest apakah aplikasinya berjalan baik atau tidak di Android. sebagian developer mengetest -nya dengan menggunakan Emulator. Seperti iOS dan Blackberry Androidpun menyediakan Emulator untuk mengetest aplikasi aplikasi yang de develop oleh kalian parah developer. dan disini saya akan memberikan guide bagai mana caranya mencoba dan menginstall emulatornya. Dalam test ini saya mendownload SDK untuk Android v.2.2(Froyo)

  1. Lakukan Download Android SDK untuk Mac OS atau Windows
  2. Setelah Selesai mendownload installer SDK eksaklah installer SDK itu dan kalian akan menemukan ini
  3. lalu, jalankan-lah aplikasi “Android” di folder tools
  4. Setelah itu kalian akan dihamparkan (maksudnya ditampilkan :P[okay  ini garing :p ]) pada kotak (red:windows) SDK manager. dan klik pada bagian Available Packages, disana kalian dihaurskan mendownload SDK Android yang anda perlukan untuk menjalankan emulator sama halnya dengan memprogram Android anda. Ingat SDK itu sangat penting untuk meng-Coding Android Apps dan menjalankan Emulator
  5. Setelah Selesai Mendownload SDK-nya lalu pilihlah bagian Vairtual Devices. lalu pilih “new” pada bagian kanan windows.
  6. nah, sekarang kalian telah sampailah pada saat yang kalian tunggu yaitu Konfigurasi Virtual Devices anda. nah pasti kalian akan di bawa ke windows “Create new Android Virtual Device (AVD)”. hal yang kalian lakukan adalah konfigurasi SDK yang ada di AVD kalian. mungkin yang saya lakukan bisa dicontoh.
  7. Setelah selesai dengan itu klik  Create AVD. lalu akan muncul Name AVD yang kalian buat lalu klik AVD yang baru saja kalian buat lalu klik Start dan akan muncul tampilan seperti ini

Akhirnya Android SDK Berhasil dijalankan.

Ryandy Baghaskoro
Ryandy Baghaskoro
Seorang Programmer yang masih duduk dibangku SMA yang tak berdaya