wisata edukasi di Bali
Tempat Wisata Edukasi Di Bedugul Bali Yang Murah Meriah
August 27, 2017
Keindahan Dibalik Pantai Jonggring Saloka Yang Tersembunyi
August 28, 2017
 

Kekayaan alam yang ada di Tanah Priangan membuat popularitas tempat wisata yang terdapat di Jawa Barat terkenal sampai ke luar Jawa bahkan sampai ke mancanegara. Hebatnya, sekarang ini dengan perkembangan pariwisata yang semakin melesat masih saja ada orang-orang yang tinggal di daerah tertentu di Provinsi Jawa Barat, yang masih tetap mempertahankan tradisi serta budaya leluhur mereka. Mulai dari penduduk yang unik yang kini lebih populer dikenal sebagai sebuah destinasi wisata kampung adat.

Ketika Kamu berkunjung ke wisata kampung adat di Jawa Barat merupakan aktivitas yang menyenangkan karena Kamu bisa belajar tentang kehidupan yang ada di dalamnya. Lebih dari untuk mencari kesenangan, ketika berlibur ke kampung adat di Jawa Barat ini pun Kamu bisa mengenal dan juga meresapi budaya serta kehidupan nenek moyang, dan juga bisa menyaksikan bagaimana kearifan lokal masyarakat setempat yang selalu terjaga meskipun di tengah derasnya arus globalisasi.

Berikut adalah beberapa wisata kampung adat di Jawa Barat mulai dari kampung adat bahasa sunda, kampung dukuh bahasa sunda serta tentang sejarah kampung naga dalam bahasa sunda;

  1. Kampung Kuta Ciamis

Kampung kuta Ciamis merupakan tempat wisata kampung adat di Jawa Barat yang berada di Desa Karangpaninggal, di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Di kampung adat kuta Ciamis ini terdapat banyak sekali pantangan baik untuk warga lokal itu sendiri ataupun untuk para pengunjung yang memang sudah lama diberlakukan di sini.

Namun hal inilah yang membuat warga lokal kampung adat ini masih sangat menjunjung tinggi dan menjaga tradisi leluhur di tengah kehidupan yang serba modern. Seperti soal rumah yang ada di kampung adat ini tidak boleh menggunakan tembok permanen, melainkan harus menggunakan atap ijuk dengan bentuk panggung dengan bahan kayu dan bambu.

Di sini juga tidak diperbolehkan membangun kamar mandi di dalam rumah karena dikhawatirkan bisa menjadi sumber penyakit demam berdarah jika ada kubakan.

  1. Kampung Pulo, Garut

Selain terkenal dengan cita rasa kulinernya yang sangat khas, pantai dan juga pemandian air panasnya, Garut juga terkenal dengan adanya kampung adat yang dinamakan kampung adat Kampung Pulo. Nama itu diambil karena kampung adat ini berada di tengah Situ Cangkuang yang berada si sebuah pulau kecil.

  1. Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung adat di Jawa barat yang tidak kalah menarik adalah kampung naga Tasikmalaya yang terkenal dengan sejarah kampung naga dalam bahasa sunda yang memang sudah terkenal hingga ke luar Tasimalaya. Kampung adat di Jawa Barat tersebut tepatnya berada di Desa Neglasari, di Kecamatan Salawu, di Kabupaten Tasikmalaya.

Bangunan rumah di kampung adat naga ini terbuat dari bilik atau bambu, bangunan di kampung adat ini berjumlah 103, yang 100 bangun merupakan bangunan rumah sedangkan 3 lainnya bangunan umum seperti balai pertemuan, lumbung padi dan juga masjid.

Jadi berwisata itu tidak melulu harus ke pantai atau ke kota-kota modern bukan? Ke kampung adat di Jawa Barat juga bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan dan tentu saja bisa menambah wawasan, pengetahuan dan juga pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *