seo-frame

Namanya juga cara mudah tentu gak mendetail sangat, tapi biasanya mereka yg tdk paham SEO atau cuma paham seadanya perlu report yg bisa dipahami otak / pemikiran mereka. Singkatnya mereka ngak mau ribet, mau yg simple, mau tau beres aja. Well, kita kasih aja yg simple simple seperti “bagaimana cara mudah mengukur ROI dari SEO

Reffering visit

Sesuai namanya, reffering site berarti site yang memberi kita backlink dan mendatangkan traffic ke website yang sudah dioptimasi. Untuk mengamati jumlah visitnya kita bisa memanfaatkan Google analytic, mana yang harus diamati? selain secara overall jangan lupa juga pantau halaman web yang dioptimasi.

Main and inherent Keyword

Sudah tentu ketika akan melakukan SEO, kita sudah melakukan riset keyword yang dari riset tersebut disepakati main keyword atau keyword utama yang akan di SEO-kan alias di optimasi. Cara terbaik bukan melihat ada diposisi mana web kita dengan ranking tadi, namun dengan melihat berapa visitor yang sudah kita datangkan dari keyword tersebut dan turunannya. Misal:

Dengan kata kunci utama “rendang padang” ini terdapat beberapa turunan misalnya “jual rendang padang”, “rendang padang pariaman” dan sebagainya.

Lalu mana lagi yang perlu kita trace? sudah tentu page!. page yang kita jadikan landing page atau web page yang kita optimasi. Wajib di buat reportnya berapa banyak traffic yang datang kesana baik melalui SEO ataupun yang datang secara natural (tetap melalui search engine).

Visitor from search engine

Yang berikut ini secara overall, untuk bagian ini denganmudah kita bisa mengawasinya via pie chart yang dimiliki Google. Lihat perkembangan seberapa besar kunjungan datang dari search engine sebelum dan sesudah di SEO kan. Jika memang teroptimasi dengan benar tanda tandanya visitor from search engine” akan berada paling atas dibandigkan refferal (backlink site + facebook + twitter ) dan direct visit.

Tentu ketiga cara diatas belum lengkap tanpa analisa kualitas kunjungan. Kita perlu mempelajari seni website analysis. Memadukan beberapa data data variable sehingga bisa menemukan insight insight baru.

Tertarik mendalami Google Analytic? Mau tanya seputar web analisis?

Rekomendasi saya, silahkan mention beliau @megaaveiro

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online. Diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis pribadi, beberapa export komoditas dan menghandle beberapa brand untuk optimasi media online. Tuk yang ingin menghubungi bisa kontak langsung via email. Arham @ Simplyecho .net atau whatsapp: 0818698484