Baru baru ini sebuah perusahaan yang berfokus pada analisis app store, distimo,  merilis data data persaingan beragam mobile app store dengan metricnya type ( paid/free) serta prices dari apps yang paling sukses atau diminati pengguna smartphone.Report yang disajikan menyajikan komparasi antara Apple App Store for iPad, Apple App Store for iPhone, Apple Mac App Store, BlackBerry App World, GetJar, Google Android Market, Nokia Ovi Store, Palm App Catalog, dan terakhir Windows Phone 7 Marketplace.

Distimo report menggambarkan kekuatan dominasi Apple App Store diatas para kompetitor pasar smartphone. Hal unik yang bisa kita temukan, ternyata kontribusi pertumbuhan Apple Apps Store for iPhone Apps tergolong lamban jika dibandingkan pertumbuhan iPad Apps. Apakah ini berarti penggunaan Apps for tablet lebih disukai?

app store

Dengan masuknya Google Android Market ke peta persaingan ada beberapa point yang bisa diambil dari data kuantitatif:

  • Pertumbuhan penggunaan platform Android yang bersifat sebagai pesaing iOS menjadikan Google Android Market sebagai pemimpin pasar di penyediaan Aplikasi gratis / free apps.
  • Dengan tingkat pertumbuhan +16%, Android Market akan mengejar ketertinggalan mereka dibulan Juli. Namun tetap dipenuhi dengan free apps sebagai jualan utama mereka.

Kembali pada persoalan tablet.

Seperti pertanyaan saya diatas, apakah hadirnya tablets khususnya iPad merubah isi perut yang ditawarkan app stores?. Apakah penyedia tablets dapat mengikuti angka pertumbuhan layaknya iPad, khususnya App sales?

Kenapa app sales?, karena (masih) berdasarkan Distimo, iPads apps mengalami kenaikan harga terus menerus. Seperti hasil riset Distimo berikut ini:

paid apps sales for tablet

Menurut saya, dominasi Apple inc dikarenakan momentumnya dan kemampuan mereka mengemas setiap produk sehingga menciptkan gengsi dikelasnya sendiri. Pertumbuhan Android Apps yang diramalkan akan menggeser Apple dikarenakan regulasi apple store yang lebih ketat dibandingkan store lainnya.

Jika dengan gambaran seperti ini bisa dikatakan Apple store dan Android store akan hadir dalam kesan yang berbeda. Yang membentuk diferensiasi diantara keduanya, Apple store adalah tempat yang tepat bagi developer untuk menjual Apps nya, sementara Android Apps adalah tempat yang jitu untuk free sharing yang tentu perlu dipikirkan bisnis modelnya jika ingin berjualan dilahan ini.

Ada pendapat lain?

Arham
Arham
Bukan ustad, cuma seorang taubaters yang diberikan sedikit ilmu untuk bisnis online. Diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis pribadi, beberapa export komoditas dan menghandle beberapa brand untuk optimasi media online. Tuk yang ingin menghubungi bisa kontak langsung via email. Arham @ Simplyecho .net atau whatsapp: 0818698484