tips memilih ereaders

eReaders

Maraknya produk gadget PC berbentuk tablet akhir-akhir ini mengundang banyak inovator untuk mengembangkan sebuah eBook yang dikemas ke dalam tablet PC dengan harga murah, yang saat ini kita kenal dengan nama eBook Readers atau eReaders seperti Sony Readers Wi-fi, Amazon Kindle Fire, Kobo eReader Touch Edition dan Barnes & Noble Nook Simple Touch.

Satu hal yang paling sulit adalah bagaimana memilih eReaders tepat yang sesuai dengan kemauan dan kebutuhan kita?

Sekilas Tentang eReaders

Sejak tahun 2010 silam yang  lalu sebuah teknologi electronic-paper displays yaitu E Ink atau The E Ink “Pearl” display dikembangkan, dimana teknologi ini menjadi pilihan para produsen eReaders yang fokus utamanya adalah memberikan kualitas bacaan yang baik pada layar. Layar E Ink memiliki kualitas yang baik pada saat digunakan diluar atau di siang hari. Berbeda dengan iPad atau iTouch yang memiliki Layar LCD backlight yang sangat cocok digunakan pada siang atau malam hari. Selanjutnya beberapa software telah dibuat untuk meningkatkan performa eReaders dalam me-refresh halaman berkal-kali tanpa muculnya kendala, meskipun kadang-kadang pendekatan ini mengindikasikan bahwa Kita akan melihat sisa ghosting dari halaman sebelumnya.

Sekarang, bagaimana cara memilih eReaders dengan tepat?

1.  Fitur sinkronisasi eReaders dengan perangkat lain

Ketika Anda menginginkan membaca eReaders tersebut pada komputer atau pada smartphone (blackberry, Android, iPhone, dsb). Anda perlu memilih perangkat eReaders yang memiliki fitur sinkronisasi dengan perangkat lain, begitu juga sebaliknya Anda bisa juga memindahkan eBook yang ada di komputer atau smartphone tersebut pada eReaders. Jika itu adalah sesuatu yang Anda inginkan Sony Daily Edition, Nook, dan Amazon Kindle Fire adalah pilihan yang tepat

2. Pilih eReaders dengan ukuran yang  sesuai ketika akan dibawa

Pikirkan tentang ukuran rata-rata tas yang sering Anda gunakan dan sesuaikan dengan ukuran eReaders yang akan Anda bawa. Seberapa besar itu? Apakah jenis perangkat Anda cocok di sana? Rata-rata perangkat eReaders yang menggunakan layar E Ink memiliki panjang sekitar 7-8 inchi. Kindle dan Kobo memiliki berat yang paling ringan dibandingkan dengan Sony dan Nook.

3. Lihat harga eBooknya

Beberapa eReaders seperti Nook, Sony, dan Kobo mengambil eBook dari Adobe Digital Edition dengan format ePub. Namun, jika Anda ingin berbelanja eBook dengan harga terbaik, Anda bisa memilih Kindle Fire. Dengan Kindle memungkinkan Anda untuk membeli eBook dengan harga yang lebih murah yang dapat dibeli di Amazon Kindle Store kecuali eBook tersebut merupakan DRM gratis.

4. Apakah perangkat lunak yang digunakan sudah tepat?

Jika Anda sudah memiliki koleksi buku digital atau eBook, mungkin Anda perlu beberapa perangkat lunak yang kompatibel. Jika Anda memiliki buku digital ePub, Anda bisa menggunakan Sony, Nook atau Kobo. Jika Anda memiliki buku Mobipocket yang memiliki keamanan (Ebooks Secure), Cybook mungkin satu-satunya pilihan. Bagian yang terbaik tentang Cybook adalah bahwa Anda dapat bertukar antara Mobipocket firmware dan firmware epub tapi itu bisa menjadi kerumitan yang cukup besar.

5. Besar harga eReaders dan fitur pendukungnya

Jika harga adalah masalah bagi Anda, eReaders seperti Kobo memiliki harga yang murah yaitu sekitar $ 149 atau IDR 1.366.972 dan Sony Pocket Edition yaitu sekitar$ 199 atau IDR 1.825.688.  Namun sebelumnya, Anda memerlukan suatu perangkat khusus yang harus dipasang di Kobo dan Sony Pocket Edition pada komputer Anda untuk memuat semua eBook yang Anda miliki, biaya yang harus dikeluarkan untuk perangkat tersebut adalah $ 100, ini adalah biaya yang cukup besar untuk dikeluarkan.

6. Bagaimana cara mendapatkan eBooknya?

Jika Anda ingin berbelanja eBook langsung dari perangkat Anda, Anda bisa memilih Kindle, Nook atau Sony Pocket Edition. Masing-masing perangkat tersebut memiliki konektivitas 3G yang pada dasarnya berarti bahwa perangkat Anda bisa terhubung ke internet melalui sambungan seluler setiap saat. Dengan koneksi internet, perangkat tersebut memungkinkan Anda untuk membeli eReader kapan saja, tanpa perlu menggunakan bantuan komputer.

7.  eReaders mana yang lebih mudah digunakan?

Yang paling mudah untuk menggunakan perangkat eReader saat ini yaitu Kindle dan Nook. Kindle lebih intuitif, Sementara Nook benar-benar rapi, namun justru hal ini yang membuat Nook lebih sulit untuk dinavigasi.

Sekian dulu tips-tipsnya, sudah terpikir untuk membeli eReaders yang tepat? :)